Kapolresta Mataram Membuka Latihan Teknis Binmas untuk Bhabinkamtibmas dalam Persiapan Pilkada 2024

/ 12 Juli 2024 / 7/12/2024 06:03:00 AM


 Policewatch-Mataram 

Kapolresta Mataram, Kombes Pol Dr. Ariefaldi Warganegara SH SIK MM CPHR CBA, memimpin acara Pelatihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) Fungsi Teknis Binmas yang diadakan oleh Polresta Mataram Polda NTB. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Bhabinkamtibmas dalam rangka pengamanan Pilkada Tahun 2024 di wilayah Hukum Polresta Mataram. Acara tersebut berlangsung di Gedung Wira Pratama Polresta Mataram pada Kamis, 11 Juli 2024.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kasat Binmas Polresta Mataram, Kompol Maad Adnan, serta sejumlah perwira dan anggota lainnya, termasuk Bhabinkamtibmas dari jajaran Polresta Mataram. Pembukaan acara dilakukan oleh Kasat Binmas, yang menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan kesiapan pengamanan Pilkada dan pengetahuan Bhabinkamtibmas.

 

Kapolresta Mataram, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel yang hadir dalam acara latihan tersebut. Beliau menekankan pentingnya peran Bhabinkamtibmas sebagai petarung yang harus memiliki kemampuan komunikasi, deteksi dini, problem solving, pengetahuan hukum, dan pertolongan pertama pada gawat darurat.

 

Lebih lanjut, Kapolresta menekankan bahwa hakikat dari seorang Bhabinkamtibmas adalah deteksi dini dan problem solving, serta pentingnya meningkatkan interaksi dengan masyarakat melalui kegiatan DDS (Door to Door System) untuk memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat. Selain itu, Bhabinkamtibmas juga diminta untuk membina komunitas dan siskamling guna meningkatkan kesadaran akan keamanan lingkungan.

Dalam menghadapi Pilkada yang semakin dekat, Kapolresta juga mengingatkan agar informasi tidak disembunyikan dan masalah segera dilaporkan ke Polsek. Netralitas dalam Pilkada, menjaga persatuan masyarakat, serta membangun sinergi antara tiga pilar dan stakeholder lainnya juga menjadi fokus penting dalam menjaga situasi yang kondusif.

Acara pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada Bhabinkamtibmas dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya dalam konteks pengamanan Pilkada yang akan datang.

MN 

Komentar Anda

Berita Terkini