"Simulasi PKD Brimob Polda NTB di Bandara SultaN Kaharuddin Sumbawa: Kesigapan dan Kecepatan Dalam Menangani Ancaman Teror"

/ 19 Juli 2024 / 7/19/2024 10:05:00 AM


 Policewatch-Sumbawa

Pada hari Selasa, 16 Juli 2024, Brimob Polda Nusa Tenggara Barat telah sukses melaksanakan Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) di Bandara Sultan Kaharuddin Sumbawa. Dalam simulasi ini, kesigapan dan kecepatan anggota Brimob dalam menangani ancaman bom atau aksi teror telah patut diapresiasi.

Kegiatan simulasi ini, yang melibatkan personel dari Batalyon B Pelopor dan Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda NTB, dilakukan untuk menguji serta mengevaluasi koordinasi, komunikasi, dan komando antar unit sesuai dengan Airport Emergency Plan dan Airport Security Programme. Simulasi juga mencakup penanganan simulasi Ancaman Terorisme, Temuan Bom, serta Evakuasi Penumpang di Kabupaten Sumbawa.

Wadanyon B Pelopor sat Brimob Polda NTB, Akp Agung Budi Laksono, menyatakan bahwa kegiatan simulasi ini bertujuan untuk menguji kesigapan dan kecepatan anggota Brimob Polda NTB dalam menangani ancaman bom atau aksi teror di Kabupaten Sumbawa. Dansat Brimob Polda NTB, Kombes Pol Komaruz Zaman, juga menegaskan pentingnya latihan simulasi dalam menangani informasi terorisme dan penanganan barang yang diduga bom di bandara.

Simulasi ini juga mendapat apresiasi dari pihak UPBU Bandara Sultan Kaharuddin Sumbawa, yang mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Satuan Brimob Polda NTB yang terlibat. Simulasi PKD ini dirancang sedemikian rupa sehingga mendekati kondisi nyata, memberikan jaminan bahwa pengelola bandara siap menghadapi kondisi darurat yang bisa terjadi kapan saja.

Nurman MPW 

Komentar Anda

Berita Terkini