Kapolda NTB Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Gatari Praja 2024, Tekankan Deteksi Dini Gangguan Pilkada Serentak

/ 3 Agustus 2024 / 8/03/2024 05:34:00 PM


Policewatch-Mataram

Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB), Irjen Pol. R. Umar Faruq., SH. M. Hum, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Gatari Praja 2024 dalam rangka Cipta Kondisi menjelang Tahapan Inti Pilkada Serentak 2024 di Provinsi NTB.

Apel yang berlangsung di Lapangan Tribun Bhara Daksa Polda NTB pada [Tulis Tanggal] ini dihadiri oleh Pj. Gubernur NTB, Ketua DPRD NTB, Danrem 162/WB, Wakapolda NTB, Danlanal Mataram, Danlanud ZAM, Kabinda NTB, Ketua KPU NTB, Ketua Bawaslu NTB, seluruh Kepala OPD terkait Provinsi NTB, PJU Polda NTB, perwakilan Ormas serta kelompok masyarakat lainnya.

Dalam arahannya, Kapolda NTB menekankan pentingnya kesiapan personel dan sarana prasarana dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak 2024. Ia juga mengingatkan bahwa intensitas kerawanan pada Pilkada tahun ini diperkirakan lebih besar dibandingkan dengan Pemilu Legislatif dan Pilpres sebelumnya.

"Kesiapan harus dilakukan sedini mungkin dengan pertimbangan segala aspek untuk mencegah, mengantisipasi gangguan yang terjadi pada setiap tahapan pilkada," tegas Kapolda NTB.

Ia juga menambahkan bahwa kedekatan emosional dalam Pilkada Serentak tahun ini diperkirakan lebih besar karena ruang lingkup masing-masing Paslon berkisar di lingkungan keluarga besar. Hal ini dapat menyebabkan loyalitas para pendukung semakin tinggi, sehingga mapping dan deteksi dini harus dilakukan secara sungguh-sungguh.

"Pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini menjadi tugas dan tanggung jawab pengamanan kepolisian untuk melakukan deteksi sejak dini sehingga dari awal kemungkinan gangguan dapat dicegah," lanjutnya.

Kapolda NTB juga menyampaikan bahwa personil gabungan yang dilibatkan dalam operasi Pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024 ini berjumlah 7.000 personel yang terdiri dari TNI, Polri, Pemerintah dan unsur masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi NTB.

"Tentu kita berharap pelaksanaan Pilkada serentak dapat berjalan dengan aman dan lancar, oleh karena itu segera lakukan tugas sejak dini oleh masing-masing satuan tugas," pungkasnya.

Nurman MPW 

Komentar Anda

Berita Terkini