Kebakaran Lahan 9 Hektar di Balai Persemaian Mandalika, Penyebab Masih Misteri

/ 21 Agustus 2024 / 8/21/2024 03:18:00 PM

 



POLICEWATCH-Lombok Tengah

Kebakaran lahan seluas 9 hektar terjadi di Balai Persemaian Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 21 Agustus 2023 sekitar pukul 15.00 WITA. Titik api pertama kali diketahui berasal dari sebelah selatan lahan perbukitan, yang mana pada pinggir perbukitan sebelah selatan terdapat jalan tanah sebagai akses warga.

 Dua orang security yang berjaga di Balai Persemaian Mandalika menjadi saksi mata awal kejadian. Mereka melihat api muncul dari arah selatan lahan perbukitan dan kemudian dengan cepat menyebar ke seluruh area.

 "Api muncul dari sebelah selatan lahan perbukitan. Awalnya hanya percikan api kecil, tapi cepat sekali merambat," ujar salah satu security yang enggan disebutkan namanya.

 Lahan perbukitan seluas 9 hektar tersebut ditanami tanaman kayu putih (Melalauca leucadendron Lin) yang sebagian ikut terbakar. Beruntung, api berhasil dipadamkan sebelum merambat ke area lain dan tidak menyebabkan korban jiwa.

 "Api berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dan dibantu warga sekitar," ujar Kapolres Loteng AKBP Iwan Hidayat S.I.K. melalui Kasi Humas Polres Loteng IPTU Lalu Brata Kusnadi.

 Hingga saat ini, penyebab kebakaran masih belum diketahui. Polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran tersebut.

 "Kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran. Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan tidak membuang puntung rokok sembarangan," ujar IPTU Lalu Brata Kusnadi.

 Polisi juga menghimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika melihat adanya kebakaran atau kejadian serupa lainnya.

 "Kami mohon kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika melihat adanya kebakaran atau kejadian serupa lainnya. Segera hubungi petugas kami,  tambah IPTU Lalu Brata Kusnadi.

Nurman MPW

Komentar Anda

Berita Terkini