Ngobras Polresta Mataram: Jaga Kondusivitas Pilkada 2024 Lewat Dialog dan Sinergi Masyarakat

/ 14 Agustus 2024 / 8/14/2024 08:08:00 PM


Policewatch-Lombok Barat

Dalam upaya menjaga situasi aman dan kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024, Polresta Mataram Polda NTB  menjalankan program "Ngobrol Asyik Bareng Masyarakat" (Ngobras) sebagai sarana preventif "Cooling System". Program ini dijalankan melalui Sat Binmas dengan mengunjungi Kantor Desa Jatisela, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, pada Rabu (14/08/2024).

Dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polresta Mataram, Kompol Maad Adnan, kegiatan Ngobras ini dihadiri oleh Kanit Binkamsa, IPTU Isnaeny Nursehan, Kanit Bimpolmas, IPTU Nur Imansyah, SH, KBO Sat Binmas, IPDA Wayan Budiarta, S.Fil, Kasubnit Binpolmas, IPDA Wiwiek Pujiastuti, SH, anggota Sat Binmas, dan Bhabinkamtibmas Desa Jatisela.  Mereka disambut hangat oleh Kades Jatisela, para Kadus, Aparatur Kewilayahan Desa Jatisela, dan sekitar 20 warga Desa Jatisela.

Kasat Binmas, melalui KBO Sat Binmas IPDA Wayan Budiarta, S.Fil, menjelaskan bahwa program Ngobras merupakan inovasi Kapolresta Mataram yang bertujuan untuk mencegah potensi gangguan Kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.  Program ini rutin dilaksanakan, namun kini menjadi semakin penting sebagai sarana "Cooling System" menjelang Pilkada serentak 2024. 

"Selain masih maraknya gangguan Kamtibmas seperti kasus Curat, Curas, dan Curanmor (3C), KDRT, Penipuan Online, dan TPPO, diharapkan peran masyarakat untuk membantu Polri dalam menjaga Kamtibmas," ujar IPDA Wayan.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas seperti balap liar dan melaporkan kepada pihak kepolisian jika menemukan indikasi tersebut," imbuhnya.

 IPDA Wayan juga menekankan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif menjelang Pilkada.  "Mari kita sukseskan Pilkada ini dengan saling bersatu dan mempererat persaudaraan demi terciptanya Pilkada yang aman dan damai. Hindari perpecahan karena beda pilihan, dan stop berita hoak," tegasnya.

 Aktifkan Siskamling untuk menciptakan situasi aman dan terkendali di lingkungan masing-masing," lanjutnya. "Jika ada hal-hal yang membutuhkan kehadiran Kepolisian, sampaikan kepada Bhabinkamtibmas, Polisi Dusun/Lingkungan, atau Polsek terdekat."

Program Ngobras ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk membangun komunikasi dan sinergi yang erat antara Polri dan masyarakat, sehingga dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama proses Pilkada 2024.

Nurman 

Komentar Anda

Berita Terkini