Polres Lombok Utara Gelar Simulasi Sispamkota Jelang Pemilukada 2024

/ 3 Agustus 2024 / 8/03/2024 06:55:00 PM


Policewatch-Lombok Utara

 Polres Lombok Utara menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di lapangan Tioq Tata Tunaq Desa Tanjung Kecamatan Tanjung KLU pada Sabtu, 3 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan menghadapi Pemilukada 2024 dan melibatkan seluruh anggota Polres dan Polsek jajaran, serta unsur TNI, Brimob, PolPP dan Perhubungan.

Kapolres Lombok Utara, AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K. M.Si., menyampaikan bahwa simulasi ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan personil dalam menghadapi Pemilukada 2024 dan meminimalisir potensi gangguan yang mungkin terjadi.

"Kegiatan ini melibatkan sekitar 360 personil dan melibatkan semua Satfung yang ada di Polres serta stakeholder terkait guna mengetahui tugasnya dalam menghadapi potensi gangguan yang akan menggagalkan Pemilukada 2024," ujar Kapolres.

Kapolres juga menegaskan komitmen Polres Lombok Utara dalam menjaga netralitas dan harkamtibmas jelang Pemilukada 2024.  "Kami berkomitmen tetap akan menjaga Netralitas serta menjaga harkamtibmas jelang Pemilukada 2024, dan hari ini kita sudah mulai melakukan oprasi dengan sandi Gatari Praja Rinjani 2024, tujuan dari oprasi ini guna mendinginkan situasi politik di masyarakat  jelang Pilkada dengan cara cooling system," jelasnya.

Operasi Gatari Praja Rinjani 2024 ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif serta pengelolaan manajemen media untuk mengantisipasi berita hoax dan menjaga kondusifitas wilayah.

Simulasi Sispamkota ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan taktis dan strategi, serta memperkuat koordinasi antar unit terkait dalam menghadapi kejadian darurat.

"Diharapkan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat  dalam menghadapi Pemilukada 2024, walaupun beda pilihan akan tetapi tetap jaga persatuan dan kesatuan Bangsa guna terwujudnya Pemilukada yang damai," pungkas Kapolres.

Acara ini dihadiri oleh Forkopimda KLU, Ketua Pengadilan, Pamenwas Polda NTB, Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Camat, Kepala Desa Sekabupaten Lombok Utara, Tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh partai politik dan tokoh adat.

Nurman MPW 

Komentar Anda

Berita Terkini