Polresta Mataram Siap Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2024

/ 1 Agustus 2024 / 8/01/2024 11:50:00 AM


Policewatch-Mataram 

Polresta Mataram bersama jajaran Polseknya menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Gatari Praja 2024 guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif menjelang tahapan inti Pilkada Serentak 2024. Sebanyak 72 personel gabungan mengikuti kegiatan ini yang berlangsung di Gedung Wira Pratama, Kamis (01/08/2024).

Wakapolresta Mataram, AKBP I Wayan Sudarmanta SIK MH, memimpin kegiatan ini didampingi Kabag Ops Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan SH MH, Kabag SDM Kompol I Gede Ariadana SH, dan pejabat utama Polresta Mataram. Latpraops ini dilakukan melalui Zoom Meeting yang dipimpin oleh Karo Ops Polda NTB, Kombes Pol Abu Bakar Tertusi, SIK M.Han.

Karo Ops Polda NTB menyampaikan bahwa Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi "Gatari Praja 2024" akan dilaksanakan selama 21 hari, mulai tanggal 3 hingga 23 Agustus 2024 di wilayah hukum Polda NTB. Operasi ini bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang tahapan inti Pilkada Serentak 2024.

"Operasi ini akan mengedepankan kegiatan penyelidikan, penggalangan, observasi, penyuluhan, ceramah, sambang desa, Patroli, dan pembinaan masyarakat," ujar Kombes Pol Abu Bakar Tertusi.

Ia juga menekankan pentingnya meminimalisir konflik, isu-isu sara, provokatif, dan hoax yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa menjelang Pilkada 2024. Untuk mencapai tujuan tersebut, para peserta Latpraops diinstruksikan untuk melakukan pemetaan dan identifikasi potensi ancaman, penggalangan, patroli dialogis, safari kamtibmas, pembuatan konten positif, penindakan hukum, serta publikasi dan viralisasi.

"Target umum Operasi Gatari Praja meliputi orang, benda, kegiatan, dan lokasi.  Polda NTB dan Polres/Ta jajaran akan melibatkan 357 personel dalam operasi ini," jelasnya.

Kabag Ops Polresta Mataram, Kompol I Gede Sumadra Kerthiawan SH MH, menjelaskan bahwa Latpraops ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak personel Subsatgas masing-masing dalam menjalankan tugas.

"Kami juga telah menerapkan strategi preventif dengan berkoordinasi dengan TNI, Forkopimda, dan menghadirkan aparat berseragam dalam Patroli Sinergitas Tiga Pilar maupun KRYD untuk menjaga situasi harkamtibmas yang kondusif," pungkasnya.

Nurman MPW 

Komentar Anda

Berita Terkini