TNI AD Dukung Ketahanan Pangan di Lombok Timur dengan Pupuk Organik Rumput Laut

/ 20 Agustus 2024 / 8/20/2024 05:00:00 AM


Policewatch-Lombok Timur.

Komandan Resor Militer (Danrem) 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti., S.l.P., M.l.P., secara resmi meluncurkan Stasiun Pupuk Organik Cair Tani Lestari dan Demplot Budidaya Jagung Metode Tani Lestari di Koramil-02/Peringgabaya, Lombok Timur, Senin (19/08/2024).  Acara ini dihadiri oleh Dandim 1615/Lotim, Kapolres Lombok Timur, Pj.Bupati Lombok Timur, serta para tokoh masyarakat dan petani setempat.

 Inisiatif ini merupakan upaya nyata Korem 162/WB dalam mendukung ketahanan pangan di Lombok Timur, khususnya dalam membantu para petani mengatasi masalah ketersediaan dan harga pupuk.  Danrem 162/WB menjelaskan bahwa selama ini, petani dihadapkan pada biaya produksi yang tinggi di awal musim tanam, dengan pupuk menjadi salah satu komponen terbesar.

 "Stasiun Pupuk Organik Cair Tani Lestari ini dirancang untuk memastikan ketersediaan pupuk alternatif bagi petani melalui Kodim dan Koramil terdekat," ujar Brigjen TNI Agus Bhakti. "Petani dapat menunda pengeluaran besar di awal dan mengatur keuangannya dengan membeli pupuk sesuai kebutuhan tanaman."

 Pupuk organik Tani Lestari yang diluncurkan merupakan hasil olahan dari rumput laut jenis (E.Cottoni dan Spinosum) yang bersumber dari Lombok Timur dan daerah lain di NTB hingga Bali.  Proses pengolahan dilakukan oleh sebuah perusahaan yang menghasilkan pupuk organik dengan kandungan C-Organic mencapai 43%.

 "Rumput laut memiliki banyak manfaat, mulai dari makanan, kimia hayati hingga farmasi," tambah Danrem. "Dengan karakter tanah di NTB yang mayoritas adalah tanah Podsolik Clay-Sand, rumput laut sangat cocok dan dapat mempercepat proses kesuburan kation tanah, membuat tekstur tanah lebih gembur dan meminimalkan serangan hama OPT."

 Dandim 1615/Lotim, Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, juga menekankan pentingnya program ini dalam mewujudkan ketahanan pangan berkelanjutan. "Upaya ini menjawab salah satu permasalahan pupuk pertanian bagi petani, khususnya dalam hal ketersediaan, harga, kemudahan pembelian, kualitas, dan kesinambungan produksi," ujar Dandim.

 Peluncuran Stasiun Pupuk Organik Cair Tani Lestari diharapkan dapat menjadi solusi bagi petani di Lombok Timur dalam meningkatkan hasil panen dan  mengurangi biaya produksi.  Program ini juga diharapkan dapat memperkuat sinergi antara masyarakat pesisir dan petani melalui peran TNI Angkatan Darat.

Nurman

Komentar Anda

Berita Terkini