Kodim 1620/Loteng Siap Jaga Keamanan Pilkada Serentak, Netralitas TNI Ditegaskan

/ 17 September 2024 / 9/17/2024 10:42:00 AM


Policewatch-Lombok Tengah

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 27 November 2024, Kodim 1620/Loteng menggelar apel gabungan bersama seluruh jajarannya pada Selasa (17/9/2024). Apel ini merupakan bentuk kesiapan Kodim 1620/Loteng dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di Kabupaten Lombok Tengah selama masa pilkada.

Komandan Kodim 1620/Loteng, Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara, memimpin langsung apel gelar pasukan di Makodim. Dalam arahannya, Dandim menekankan pentingnya kesiapan personel dan materil dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada.

"Kita harus siap siaga dengan kelengkapan fasilitas, seperti alat Pasukan Huru Hara (PHH), kendaraan dinas untuk mobilisasi personel, dan kesiapan kekuatan personel," tegas Dandim.

Dandim juga mengingatkan seluruh personel tentang pentingnya netralitas TNI. "Kita harus memegang teguh netralitas TNI dan tidak memihak atau mendukung pasangan calon, baik itu pasangan calon Gubernur maupun Bupati yang ikut dalam Pilkada ini," tegasnya.

Ia juga mengingatkan agar personel tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kegiatan politik dan menghindari penggunaan kendaraan dinas untuk kegiatan kampanye. "Baik personel maupun materil dan fasilitas yang kita gunakan, termasuk fasilitas dinas, dilarang untuk dilibatkan dalam kegiatan politik," tegas Dandim.

Dalam apel gelar tersebut, Kodim 1620/Loteng menerjunkan 2 SSK (Satuan Setingkat Kompi) pasukan, baik itu pasukan Huru Hara maupun pasukan bermotor.

"Diharapkan, melalui persiapan yang matang ini, pelaksanaan Pilkada serentak dapat berjalan dengan aman dan kondusif, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan tenang tanpa gangguan," tandas Dandim.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini