Kordes Barabali Berjibaku Demi Kelancaran Penyaluran Bantuan Pangan

/ 3 September 2024 / 9/03/2024 03:39:00 PM


Policewatch-Batukliang. 

Barabali, 3/09/ 2023 .Penyaluran bantuan pangan di Desa Barabali nyaris terkendala akibat kelalaian Kepala Dusun Lendang Terong, ZA, dalam proses pendataan. Kordes Desa Barabali, Muhamad Nurman, harus berjibaku untuk memastikan semua penerima bantuan pangan (PBP) mendapatkan haknya.

 Kisah ini bermula saat pembagian beras bantuan pangan di Dusun Lendang Terong pada Selasa, 3 September 2023. ZA lupa meminta tanda tangan dan foto bukti penerimaan dari warga. Alhasil, data penerimaan bantuan menjadi tidak lengkap.

 Saat dikonfirmasi, ZA berdalih bahwa data sudah masuk ke aplikasi Astrid. Namun, Muhamad Nurman menemukan kejanggalan. Data yang tercatat di barcode aplikasi hanya 36 orang, padahal seharusnya lebih banyak. Ternyata, ZA menyerahkan proses pendataan kepada RT dan petugas RT yang tidak memahami aplikasi tersebut.

 Muhamad Nurman pun berusaha menyelesaikan masalah ini. Ia menemui ZA dan meminta agar proses pendataan dilengkapi dengan tanda tangan PBP. ZA berjanji untuk mendampingi Muhamad Nurman keesokan harinya.


 Namun, keesokan harinya, Muhamad Nurman mendapati ZA menghilang. Muhamad Nurman menghubungi ZA melalui WhatsApp berulang kali, namun tidak dibalas. Dengan tekad kuat, Muhamad Nurman langsung mendatangi PBP dan bertanya kepada tetangga mereka. Berkat bantuan RT, akhirnya 15 orang PBP yang belum menandatangani berhasil didata.

 Kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi semua pihak. Penyaluran bantuan pangan harus dilakukan dengan cermat dan terstruktur, dengan melibatkan semua pihak yang bertanggung jawab. Muhamad Nurman patut diapresiasi atas dedikasi dan kegigihannya dalam memastikan bantuan pangan sampai kepada yang berhak.

Mamen

Komentar Anda

Berita Terkini