NTB Siap Amankan MotoGP 2024, Sinergi Tiga Pilar Jamin Sukses Acara

/ 6 September 2024 / 9/06/2024 04:51:00 AM


Polivewatch-Mataram 

Menjelang pelaksanaan MotoGP 2024 yang semakin dekat, Pemerintah Provinsi NTB bersama TNI dan Polri semakin gencar mempersiapkan segala aspek pendukung acara internasional ini. Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) yang digelar pada Kamis (5/9/2024) di Lombok Raya Hotel, Kota Mataram, menjadi bukti kesiapan dan komitmen semua pihak untuk memastikan kesuksesan acara ini.

Pj. Gubernur NTB, Dr. Hasanuddin, menegaskan bahwa persiapan berjalan sesuai rencana dan komitmen semua pihak sangat kuat untuk memastikan acara ini sukses besar. "Kami sudah melakukan rapat koordinasi lanjutan terkait kesiapan MotoGP ketiga ini. Semua tim bekerja sama secara terpadu, dan saya senang bahwa persiapan berjalan on the track. Saya juga telah memberikan arahan agar laporan diberikan secara real-time hingga pelaksanaan nanti. Kita tidak boleh ada celah sedikitpun," tegasnya.

Keamanan menjadi prioritas utama dalam penyelenggaraan MotoGP 2024. Kapolda NTB, Irjen Pol. Raden Umar Faroq, S.H., M.Hum., menekankan pentingnya pengamanan yang akan dilakukan sejak kedatangan tamu di Bandara hingga ke lokasi MotoGP. "Kami telah menyiapkan pengamanan ketat, baik untuk tamu lokal maupun mancanegara. Dari bandara hingga ke lokasi akomodasi akan ada pengawalan. Kami juga menyiapkan pengamanan di pintu-pintu masuk utama ke Lombok, untuk mengantisipasi banyaknya penonton yang akan datang," jelas Kapolda NTB.

Sekitar 3.000 personel keamanan dikerahkan untuk memastikan keamanan tidak hanya di sirkuit, tapi juga di pintu-pintu masuk Pulau Lombok, seperti Pelabuhan Lembar dan Bandara Internasional Lombok.

Selain pengamanan, para penggemar balap motor juga dapat menikmati parade rider yang akan berlangsung pada 25 Oktober, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi langsung dengan para pembalap MotoGP.

TNI, melalui Danrem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han., menyatakan kesiapannya untuk membantu pengamanan, terutama dalam hal evakuasi dan pengaturan situasi jika terjadi eskalasi. Pihaknya juga akan memperkuat pengamanan VVIP, mengingat kemungkinan besar Presiden Jokowi akan hadir menyaksikan ajang balap tersebut. "Kami akan siapkan 400 personel untuk mendukung pengamanan VVIP dan membantu Polda NTB. Kami berharap pelaksanaan MotoGP ini berjalan lancar, seperti tahun-tahun sebelumnya dan membawa dampak positif bagi ekonomi, sosial dan pariwisata di NTB," ujar Danrem.

 Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua stakeholder yang turut menyukseskan pelaksanaan event bergengsi di Pertamina Mandalika International Circuit ini. "Tentunya para pihak harus bekerjasama, bahu membahu menyukseskan event bergengsi ini, mulai dari persiapannya, hingga pelaksanaannya pada tanggal 27-29 September tahun ini," kata Priandhi. 

Dengan persiapan matang dari seluruh elemen, NTB siap kembali menjadi tuan rumah yang baik untuk ajang MotoGP 2024. Keberhasilan penyelenggaraan ini diharapkan akan memberikan kesan positif bagi semua penonton, baik lokal maupun internasional.

 Mn

Komentar Anda

Berita Terkini