Polsek Kopang Gencar Sosialisasikan Pencegahan Karhutla di Kawasan Hutan

/ 24 September 2024 / 9/24/2024 06:39:00 PM


Policewatch-Lombok Tengah

 Polsek Kopang Polres Lombok Tengah gencar melakukan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya.  Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap potensi Karhutla yang meningkat di musim kemarau.

Pada Selasa (24/09/2024), Polsek Kopang melakukan sambang warga di Desa Wajageseng, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah. Himbauan langsung disampaikan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan.

Kapolsek Kopang AKP Bambang Sutrisno menjelaskan, musim kemarau membuat daun-daun dan semak-semak di lahan kosong dan hutan menjadi kering, sehingga sangat rentan terhadap kebakaran.

"Hanya dengan membuang puntung rokok sembarangan saja bisa mengakibatkan kebakaran hebat," ujar AKP Bambang. "Oleh karena itu, kami menghimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, serta menghindari aktivitas membakar di lahan kosong dan hutan."

Selain himbauan langsung, Polsek Kopang juga memasang spanduk atau banner di areal lahan dan hutan agar pesan pencegahan Karhutla mudah diakses oleh masyarakat.

"Kami berharap upaya ini dapat menjadi efektif dalam mencegah Karhutla di wilayah hukum Polsek Kopang," pungkas AKP Bambang.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini